24.4 C
Indonesia
Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_img

Polres Kediri Terjunkan Personel Pengamanan Malam 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Faktajurnalisnews.com || KEDIRI – Tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 7 Juli mendapat sambutan dari masyarakat, berbagai kegiatan dilakukan.

Sehingga, pada Sabtu (6/7/2024) pukul 17.00 WIB hingga dini hari, Polres Kediri menggelar pengamanan ziarah Malam 1 Suro 2024/1958 Je atau 1 Muharram 1446 H di wilayah Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Kegiatan berlangsung dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto S.H., S.I.K. melalui Kasihumas Polres Kediri AKP Sriati menjelaskan serangkaian kegiatan yang dilakukan selama peringatan malam 1 Suro ini.

“Dimulai dengan kenduri dan do’a bersama di Pendopo Petilasan Sri Aji Joyoboyo, yang kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit di balai Desa Menang,” ujar AKP Sriati.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam ritual mandi di Sendang Tirto Kamandanu dan sungkem di Petilasan Sri Aji Joyoboyo.

Kegiatan ini menarik banyak perhatian, baik dari warga sekitar maupun dari luar desa Menang dan Kabupaten Kediri, yang datang untuk sekedar melihat ataupun mengikuti ritual.

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban terkait naiknya mobilitas masyarakat, Polres Kediri bekerja sama dengan personel TNI, Satpol PP dan Linmas.

“Anggota Satlantas bertugas melakukan pengaturan lalu lintas, sementara anggota Satsabhara melakukan pengamanan di lokasi kegiatan,” tutur AKP Sriati menambahkan.

Hingga pukul 01.00 WIB (Minggu 7/7/2024) dini hari, dilakukan sterilisasi atau penutupan bagi pengunjung guna mempersiapkan tempat untuk kegiatan kirab ritual upacara 1 Suro.

Berdasarkan situasi di lapangan, tidak ditemukan adanya potensi gangguan yang mengancam.

“Ini semua berkat kerja sama yang baik antara TNI-Polri, Satpol PP, dan Linmas dalam menjaga kamtibmas dan para pengunjung,” pungkas AKP Sriati.

Redaksi
Author: Redaksi

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments